Selamat Datang

Sekian lama ga kesampaian punya blog yang "focus" untuk di kerjakan, baru sekarang keturutan. Selamat datang di jurnal kehidupan dan pengalaman sehari - hariku. Semoga aja apa yang aku kerjakan bisa membuat hidup orang lain lebih berarti. Peace......

Stronghold: Crusader

| Label: | |

Akhir - akhir ini, aku dan beberapa teman sering sekali memainkan game offline yang rata - rata bertipe RTS (Real Time Strategy) yang bisa dibilang dah lama keluarnya di pasar game. Ambil contoh Stronghold Crusader dan juga Football Manager 2008. Khusus kali ini, aku akan mencoba untuk mereview tentang game Stronghold Crusader. Stronghold Crusader bagiku seperti sebuah game sejenis the Sims yang diproduksi oleh Firefly Studios. Game ini diproduksi pada taon 2002 dan segera menjadi hits karena banyak yang suka dari gameplay dan juga graphik dimana pada masa itu sudah dibilang fasilitas yang wah...

Gameplay aku kasih point 9,5
Untuk urusan ini, tipe game RTS emang harus begitu. Kebanyakan RTS bisa menggunakan mouse stick atau hanya keyboard stick atau juga gabungan keduanya. Dalam game ini, untuk uerusan gameplay setting waktunya dan gamenya bisa dipercepat atau juga diperlambat.

Story aku kasih point 8
Sebenarnya Stronghold Crusader mempunyai cerita yang beragam yang sesuai dengan sejarah jaman dulu di era perang salib. Di skirmish mission (50 skirmish missions) gak ada jalan ceritanya dan kebanyakan kamu cuma perang sampai mampus, tapi ada beberapa bagian yang juag mempunyai storyplay. Kalo kamu main di Historical Campaign kamu cuma bisa milih sebagai Saladin ato Lionheart I.

Graphics aku kasih point 8,5
Firefly Studios tampaknya membuat game ini dengan grapik engine yang wah. Units dan bangunan tampak detail sekali dan lingkungan sekitar area game terlihat bagus meskipun cuma berkutat dengan padang pasir, oasis, unta, dll...(terang aja, nih kan perang salib di arab sono...)
Resolusi gambar bisa diset antara 800x600 dan 1024x768 atau bahkan 1280x1024 sampai 1600x1200 tapi bagiku setting resolusi 1024x768 sudah cukup.

Units aku kasih point 10
Ketika bermain Stronghold Crusader, game ini mempunyai karakter macam archers, crossbowmen, spearmen, pikemen, macemen, swordsmen, knights, tunnelers, laddermen, black monks and engineers. Engineers sendiri bisa membuat catapults, portable shields, siege towers, trebuchets, rams and the new fire ballista. Plus ada juga karakter unit Arabian yang baru seperti Arabian bowmen, slaves, slingers, assassins, horse archers, Arabian swordsmen and the fire throwers (pelempar api...kayak maen debus aja...api dipegang - pegang....wakakakaka...).

Bangunan aku kasih point 10
Semua jenis bangunan yang ada di perang salib ada di game ini (karena saking banyaknya aku males mbahasnya...). Kadangkala setiap bangunan saling berkait, contohnya kalo kamu gak punya granary maka gak ada tempat nyimpen makanan. Belum lagi ketika kamu mau punya banyak penduduk selain punya kastil gedhe juga harus punya rumah penduduk yang banyak.

Sound effects aku kasih point 9
Suara efek ketika bekerja, ada peperangan, menghancurkan sesuatu, dll bagus banget suaranya. Yang sedikit mengganggu adalah pengulangan suara karakternya.

Music aku kasih point 8
Musik Arabic, yang tampaknya cocok untuk game ini.

Multiplayer aku kasih point 9
Menyenangkan banget ketika banyak yang ikut nimbrung maen pake fasilitas LAN, meski cuma maksimal 8 pemain dalam satu kali maen. Hajar blehhh...

0 komentar:

 
Warna Biru modified by masjumbo